PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Rizki Arvi Yunita Politeknik Negeri Medan
  • Khalila Husnasari Politeknik Negeri Medan
  • Ervina Rosarina Hasibuan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61393/heiema.v4i1.300

Keywords:

Islamic Social Reporting Index, Islamic Commercial Bank, Disclosure

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengungkapan tanggung jawab sosial bank syariah di Indonesia berdasarkan pada indeks Islamic Social Reporting (ISR). Objek penelitian adalah bank umum syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini menggunakan laporan tahunan tahun 2024 yang dipublikasikan pada masing-masing bank. Hasil penelitian menunjukkan secara umum Islamic Social Reporting (ISR) Index tingkat pengungkapan yang dilakukan oleh masing-masing perbankan syariah bervariatif menunjukkan kemampuan perusahaan memberikan kinerja terbaik bagi masyarakat. skor indeks Islamic Social Reporting (ISR) dengan pengungkapan tertinggi adalah Bank Muamalat Indonesia  dengan persentase 84.48% yang berarti bahwa Bank Muamalat Indonesia sangat informatif. ISR memiliki peran dalam aspek spiritual sehingga masyarakat tidak hanya mengetahui tentang bank umum syariah dalam perspektif ekonomi saja melainkan ada pula kegiatan sosial, lingkungan, karyawan, tata kelola perusahaan dan hal lainnya berdasarkan prinsip dan nilai-nilai islami dengannya diharapkan perusahaan akan mengambil keputusan yang tidak hanya membantu umat Islam tetapi juga membantu perusahaan memenuhi kewajibannya kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan masyarakat.

 

Kata Kunci: Islamic Social Reporting Index, Bank Umum Syariah, Pengungkapan

References

Abadi, M. T., Mubarok, M. S., & Sholihah, R. A. (2020). Implementasi Islamic Social Reporting Index. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 1–25.

Abduh, M., Buys, W. A., & Aziz, S. A. (2022). Exploring the Relationship between Islamic Financial Development, Energy Consumption, and Environmental Quality. International Journal of Energy Economics and Policy, 12(2), 426–430. https://doi.org/10.32479/ijeep.11943

Analia, F., Abdullah, M. W., & Muchlis, S. (2024). Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Penerapan Good Corporate Governance Dalam Pencegahan Fraund Financing di Bank Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1287–1295. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.638

Arshad, R., S. Othman, dan R. O. (2012). Islamic corporate social responsibility, corporate reputation and performance. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 6(4), 643–647.

Freeman, R. E. E., & McVea, J. (2005). A Stakeholder Approach to Strategic Management. SSRN Electronic Journal, January 2001. https://doi.org/10.2139/ssrn.263511

Gustani, & Bayinah, A. (2014). Model pelaporan kinerja sosial perbankan syariah : implementasi islamic social reporting index (Index ISR) di indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 2(1).

Hameed, Shahul, et. al. (2004). Alternative Disclosure dan Performance for Islamic Bank’s. Proceeding of The Second Conference on Administrative Science: Meeting The Challenges of The Globalization Age.

Haniffa, R., & Hudaib, M. (2016). The Ethical Identity of Islamic in Annual Reports. 76(1), 97–116. https://doi.org/10.1007/sl0551-006-9272-5

Haris, A., Muda, I., & Sadalia, I. (2023). The Influence of Independent Commissioners, Islamic Social Reporting, and Sharia Supervisory Board on Earning Management with Firm Size as a Moderating Variable in Sharia Commercial Banks in Indonesia. International Journal of Research and Review, 10(1), 333–343. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230136

Hasir, M. (2025). Implementation of Good Corporate Governance Principles in Improving the Performance of Indonesian Islamic Banks. AL-AFKAR:Journal for Islamic Studies, 8(2), 55–69. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v8i2.1386.Abstract

Hidayat; Syaefulloh & Zulhelmy. (2024). PELAKSANAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK SYARIAH INDONESIA BERDASARKAN. 7, 372–382.

Maali, B., Casson, P., & Napier, C. (2020). Social Reporting by Islamic Banks. 42(2).

Nahar, F. H., Faza, C., & Azizurrohman, M. (2020). Macroeconomic Analysis and Financial Ratios on Sharia Commercial Bank Profitability: A Case Study of Indonesia. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 3(1), 37. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v3i1.1721

Nopriyanto, A. (2024). ARTIKEL ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ). 5(2), 1–12.

OJK. (2023). Syariah.

Sri wahyuni, & Muhammad Wahyuddin Abdullah. (2021). Akuntabilitas Berbasis Syariah Enterprise Theory Dalam Mewujudkan Ekonomi Sustainable. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(01), 41–54. https://doi.org/10.35905/balanca.v3i01.1986

Zanariyatim, A., Bayinah, A. N., & Sahroni, O. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Umum Syariah Berdasarkan Islamic Social Reporting Index (Indeks ISR). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 4(1), 85–103. https://doi.org/10.35836/jakis.v4i1.31

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Rizki Arvi Yunita, Khalila Husnasari, & Ervina Rosarina Hasibuan. (2025). PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. HEI EMA : Jurnal Riset Hukum, Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 177–188. https://doi.org/10.61393/heiema.v4i1.300

Issue

Section

Articles