ANALISIS HUKUM PERSAINGAN USAHA ATAS PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP PENJUALAN PADA SCARLETT WHITENING

Authors

  • Mega Dewi Ambarwati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61393/heiema.v4i2.385

Keywords:

Brand Awareness, Persaingan Usaha, Scarlett Whitenening

Abstract

Persaingan usaha yang sehat antar pelaku usaha sangat diperlukan untuk memberikan pilihan dan keberagaman kepada konsumen atas produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Melalui brand awareness Scarlett Whiteneing yang sangat baik dapat berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukan semakin tingginya kesadaran konsumen terhadap merek semakin tinggi juga konsumen akan memutuskan untuk melakukan pembelian produk. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif, yang berfokus pada analisis teks, norma, dan aturan hukum yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pengaruh Brand Awareness terhadap penjualan produk Skincare Scarlett Whitening dalam perspektif hukum persaingan usaha. Hasil dari Penelitian menunjukan bahwa Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk, serta brand awareness yang dilakukan tidak melanggar hukum persaingan usaha yang berlaku. Dapat disimpulkan bahwa persaingan sehat dari brand Scarlett Whitening melalui brand awareness atas penjualan produk. Bahwa, upaya brand awareness yang dilakukan Scarlett Whitening untuk meningkatkan penjualan produk sudah mengidentifikasikan bahwa brand Scarlett Whitening merupakan pelaku usaha yang menerapkan prinsip persaingan usaha secara sehat, tidak melanggar hukum khususnya hukum persaingan usaha.

References

Abdul Hakim G. Nusantara dan Benny K. Harman. (1999). Analisa dan Perbandingan Undang Undang Antimonopoli. Elex Media Komputindo.

Adlina, H., Dirbawanto, N. D. (2022). Rekomendasi Strategi Ekspansi dan Strategi Promosi: Studi pada Fauve Imagine Photography Service. Jurnal Ecogen, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12845

Amartya, D., & Santosa, S. B. (2022). Pengaruh Kegiatan Pemasaran di Media Sosial , Ulasan Elektronik Dari Mulut Ke Mulut , Dan Penyokong Merek Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus pada Scarlett Whitening di Kalangan Generasi Z Kota Semarang ). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 19(2).

Amri, A., & Wardhani, R. (2018). PENGALIHAN FUNGSI HARTA TANAH WAKAF (Analisis Terhadap UU No. 41 Tahun 2004 dan KHI). Jurnal Tahqiqa : Jurnal Ilmiah Pemikiran Hukum Islam, 12(2), 148–161. https://doi.org/https://doi.org/10.61393/tahqiqa.v12i2.161

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal.

Budi Kagramanto. (2010). Mengenal Hukum Persaingan Usaha. Laras.

Darmadi Durianto, Sugiarto, L. J. B. (2004). Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Devi Apriliani, K. A. H. (2023). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Association Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Scarlett Whitening. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(2).

Elsi Kartika Sari. (2007). Hukum dalam Ekonomi. Grasindo.

Hermansyah. (2008). Pokok-Pokok Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia. Kencana Prenada Media Group.

Manullang, A., Cinta Nainggolan, D., Aurani, K., Stiffanny, N., Alim, S., Adlina, H., Utara, U. S. (2023). Strategi Ekspansi Global Pada Perusahaan Starbucks Dalam Bisnis Internasional. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Mariana, M., & Amri, A. (2021). Hawalah Mutlaqah dalam Perspektif Syafi’iyah dan Hanafiyah. SINTESA: Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 136–147. https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/SINTESA/article/view/182

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rusda Karya.

Munir Fuady. (2003). Hukum Anti Monopoli, Menyongsong Era Persaingan Sehat. PT. Citra Aditya Bakti.

Neni Sri Imayati. (2003). Hukum Ekonomi Islam dan Ekonomi Islam dalam Perkembangan. Bandar Maju.

Rania Salsabila, A. W. (2023). Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketingterhadap Keputusan Pembelian Konsumen Luxcrime(Studi pada Konsumen Luxcrime di Bandung). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5).

Wibowo, Dimas, H., Arifin, Z., S. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Wulanda Fatih A., Y. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett Whitening Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 13(3).

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Ambarwati, M. D. (2025). ANALISIS HUKUM PERSAINGAN USAHA ATAS PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP PENJUALAN PADA SCARLETT WHITENING. HEI EMA : Jurnal Riset Hukum, Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 167–176. https://doi.org/10.61393/heiema.v4i2.385

Issue

Section

Articles